Minggu, 11 Maret 2012

Apakah Anak Anda Siap Untuk Bersekolah?

Apakah Anak Anda Siap Untuk Besekolah

Sekolah dapat menjadi tempat yang asing dan menakutkan untuk “para pemula”. Anak-anak kecil biasanya terperagah dengan bangunan yang besar, banyak anak-anak lain yang lebih besar dan lebih tua, serta lebih sedikit orang dewasa yang mendukung mereka. Ada banyak peraturan yang harus dibiasakan dan banyak hal baru yang mereka harap bisa mereka lakukan. Terutama pada saat jam istirahat, bisa jadi merupakan hal yang menakutkan bagi pemula ini.
Hari-hari bersekolah dapat melelahkan sekali bagi anak yang terbiasa beristirahat pada jam sekolah. Anak-anak dapat menunggu dengan tidak sabar untuk masuk sekolah, dan menjadi sangat kecewa bila ternyata tidak menyenangkan seperti yang mereka harapkan. Bahkan bagi mereka yang menikmati sekolah, memulai sekolah dapat membuat stress. Anak-anak membutuhkan banyak dukungan dari Anda sebelum memulai bersekolah, terutama pada minggu-minggu pertama.

Apakah Anak Anda Siap Untuk Besekolah

Tidak semua anak siap untuk bersekolah diusia 5 tahun dan mereka tidak akan mulai bersekolah sampai berusia 6 tahun di Australia Selatan. Sebagian anak-anak mendapatkan keuntungan dari tahun tambahan bagi kesiapan mereka sebelum mulai bersekolah dan itu dapat membantu mereka bila mereka memulai sedikit lebih lambat. Pertimbangkan ini bila anak Anda lebih kecil atau lebih muda dari anak-anak lain atau bila dia belum terlalu nyaman bermain dalam grup anak-anak lain atau belum terlalu merasa percaya diri tanpa dukungan orang dewasa. Bicarakan dengan sekolah taman kanak-kanak atau kelompok bermain bila anak Anda termasuk di dalam kelompok ini.

Persiapan bersekolah

Akan sangat membantu anak Anda bila Anda mempersiapkan dia sebaik mungkin dan pada saat bersamaan menunjukkan bahwa Anda percaya dia dapat menghadapi tantangan baru ini. Akan sangat membantu bila dia tahu dengan jelas letak sekolah dari rumah , berjalan dengannya beberapa kali bila biasanya Anda ke sana dengan mengendarai mobil.
Bantu anak anda untuk terbiasa dengan sekolah dengan berkunjung sebelumnya (beberapa kelompok bermain menyediakan fasilitas ini), sering mengendarai mobil melewati sekolah dan membicarakan tentang apa yang akan terjadi.
Beberapa sekolah terbuka untuk umum setelah jam sekolah, sehingga Anda dapat berjalan-jalan dan bermain dengan permainan yang tersedia saat anak-anak lain tidak ditempat (konfirmasi dulu dengan pihak sekokah).
Tunjukkan sekolah pada anak Anda sehingga dia tahu dimana akan bersekolah, dimana letak kamar kecil (dan mencobanya) dan dimana Anda menjemputnya. Persiapkan anak Anda tentang apa yang akan terjadi. Patikan dia memakai baju yang mampu dikenakan sendiri, dia dapat membuka bekal makan siangnya sendiri dan dia dapat minta tolong untuk pergi ke kamar kecil.
Beberapa hal mungkin perlu Anda siapkan untuk anak Anda.
  • Bel sekolah dan apa artinya
  • Bagaimana minum dari sumber air siap minum
  • Mengangkat tangan saat akan bertanya
Bacakan buku tentang anak yang baru mulai bersekolah, atau ceritakan tentang pengalaman Anda sendiri (bila berakhir dengan menyenangkan)
Bila anak Anda khawatir saat berpisah dengan Anda, tanyakan apa yang bisa membantunya, misalnya siapa yang mengantar sekolah, dimana dia mengucapkan selamat tinggal, apa yang mau dia kenakan dan apa yang mau dia kerjakan setelah pulang sekolah, dan lain lain. Dapat mengetahui apa yang akan terjadi dapat mengalahkan rasa takut. Anda dapat mengatakan apa yang Anda kerjakan selama dia di sekolah.
Akan sangat menolong bila dia tahu bahwa anak lain juga baru mulai bersekolah seperti dia. Buat perjanjian dengan sekolah dan bila memungkinkan, undang anak dan orang tua lain ke rumah sebelum sekolah dimulai. Baberapa kelompok bermain dan taman kanak-kanak memiliki sekelompok murid yang baru pada waktu bersamaan dan ini akan sangat memudahkan.

Setelah di sekolah

Jangan terlambat menjemput anak Anda. Baberapa menit terasa sangat panjang bagi yang tidak percaya diri.
Bebarapa anak ingin menceritakan pengalamannya begitu dijemput, jadi sisihkan waktu bagi anak Anda bila dia membutuhkannya, atau begitu anda sampai dari pulang bekerja. Akan tetapi, beberapa anak, suka menyendiri sesaat sebelum anda menemaninya.
Anak-anak sering merasa lapar saat pulang sekolah. Camilan sehat yang dimakan sesampai dirumah, dapat menggantikan makan siang yang tertunda akibat luapan semangat atau kekhawatiran. Ini dapat sama pentingnya dengan makan malam lengkap. Bila Anda menjemput dengan mengendarai mobil, bawalah sesuatu (beberapa buah-buahan) dengan Anda yang bisa dia makan dalam mobil. Beberapa minggu pertama mereka dapat terlalu lelah untuk benar-benar makan saat makan malam. Ingatlah, jangan bertanya terlalu banyak. Anak-anak akan berbicara saat mereka siap. Menjelang tidur adalah waktu yang tepat untuk mendengarkan mereka. Akan sangat membantu bila Anda membacakan cerita, bahkan bila mereka sudah dapat membaca sekalipun. Menjelang tidur adalah waktu yang tepat untuk membacakan cerita.
Bebarapa anak mengompol di bulan-bulan pertama bersekolah mereka. Ini dapat sangat memalukan bagi mereka. Mereka perlu diyakinkan bahwa ini sering terjadi pada anak-anak dan tidak ada yang harus dikhawatirkan.
Berikan semangat agar anak Anda untuk memberi tahu gurunya. Siapkan celana cadangan bila ini terjadi. Bila anda tampak khawatir, ini dapat membuat dia bahwa benar-benar ada yang harus dikhawatirkan.
Bicaralah dengan orang tua lain dan saling berbagi pengalaman, ide dan perasaan.
Jangan berharap terlalu banyak. Pemula butuh waktu belajar lebih lama dan anak-anak belajar dengan kecepatan yang berbeda-beda. Anda dapat memberi semangat, tunjukkan bahwa Anda perduli.
Bersikap fleksibel diawal masa bersekolah. Anak-anak dapat merasa lelah dan kesal sampai mereka menyesuaikan diri.
Jaga rutinitas yang memungkinkan anak beristirahat dan bermain. Jangan melakukan kegiatan yang terlalu padat setelah bersekolah sepanjang perjalanan pulang, misalnya berbelanja.
Undang temannya ke rumah. Satu persatu pada awalnya.
Beberapa anak meresa kesal belum belajar membaca di hari pertama. Ingatkan dia semua yang bisa dibacanya seperti namanya, marka jalan, nama makanan pada kemasannya.
Bila anak anda kesal, dan Anda khawatir, atau terjadi kekerasan oleh sesama teman, bicarakan dengan guru tentang itu.
  • Anak-anak butuh banyak dukungan di hari-heri pertamanya.
  • Memulai sekolah bisa membuat stress
  • Beberapa anak di hari pertamanya bisa sangat stress sampai tidak mau berangkat.
  • Mereka sakit perut atau menagis keras di pagi hari.
  • Bila itu terjadi, dengarkan ketakutannya. Coba agar dia tidak melihat Anda juga khawatir.
  • Katakan bahwa Anda tahu dia dapat mengatasi masalahnya dan anda akan menolongnya.
Tanyakan apa yang dia pikir bisa menolongnya, misalnya pergi dengan orang tua lain. Bagi anak lain, membawa barang kecil yang mengingatkan pada Anda juga dapat menolong. Bila kekhawatirannya tidak juga mereda, bicarakan dengan gurunya bagaiman sebaiknya menolong dia. Memaksa si anak lebih banyak merugikan daripada menguntungkan.

Ingatlah

  • Mulai bersekolah adalah langkah besar bagi anak-anak dan butuh waktu untuk membiasakannya.
  • Anak-anak dapat berhasil dengan baik bial ada kerja sama antara orangtua dan guru.
  • Beritahukan gutu apa yang terjadi di rumah yang mungkin kesedihannya bisa terbawa sampai ke sekolah.
  • Katakan pada gurunya apa yang Anda sukai dan saat Anda perduli.
dikutip dari :  http://www.lpmpdki.web.id/index.php/artikel-pendidikan/232-apakah-anak-anda-siap-untuk-besekolah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar