Sabtu, 10 Maret 2012

Manisan Cabe

Sekilas tentang cabe
--------------------- 
Banyak jenis cabe yang ada di sekeliling kita, ada cabe rawit, cabe merah besar, cabe merah keriting dan ada juga paprika yang bentuknya lucu dengan warna yang menarik.
Cabe memiliki rasa dan aroma yang sangat khas yaitu pedas (ini yang biasanya membuat kita jadi ketagihan ya...)

Menurut beberapa buku yang saya baca, cabe yang ada di Indonesia ini dulunya berasal dari Amerika Tengah. Tanaman Cabe dapat ditanam di berbagai macam lahan, seperti di sawah, ladang, pinggir laut ataupun di pegunungan , pada musim hujan maupun musim kemarau.

Hampir seluruh masyarakat Indonesia membutuhkan cabe karena digunakan untuk penambah rasa pada bumbu masakan khas Indonesia. Kalau cabe sedang mahal, weleh bisa pingsan ibu-ibu he..he...

Sobat ....
Karena Manisan Cabe buatan saya , bahan baku utamanya adalah cabe merah besar, jadi saya hanya berbagi ilmu tentang cabe merah besar ajha ya kawan..

Kandungan Kimia Dan Gizi
-------------------------------
Menurut para ahli , cabe merah kaya akan gizi sebab mengandung vitamin C dan beta karoten yang merupakan provitamin A. Jumlah kandungan vitamin C pada cabe mengalahkan buah-buahan segar seperti mangga , nanas, pepaya ataupun semangka. Kandungan vitamin C pada cabe antara 50-180 mg/100 gr.

 Berdasarkan data dari Direktorat Gizi Depkes tahun 1977, kandungan kimia cabe merah besar per 100 gramnya adalah : Energi 31 kal, Protein 1 gr, Lemak 0,3 gr, Karbohidrat 7,3 gr, Kalsium 29 mgr, Fosfor 24 mgr, Vit.A 470 SI, Vit. C 181 mgr.

Kawan, ternyata rasa pedas pada cabe berasal dari senyawa kapsaisin yang terkandung dalam cabe. Senyawa kapsaisin ini tersimpan dalam urat putih yang merupakan tempat melekatnya biji cabe. Oleh karena itu untuk mengurangi rasa pedas biasanya biji cabe dibuang beserta uratnya. Padahal sebenarnya senyawa kapsaisin ini yang membuat orang menjadi ketagihan makan cabe.

Manfaat Cabe Bagi Kesehatan
------------------------------------
Senyawa kapsaisin selain menyebabkan rasa pedas pada cabe ternyata juga berkhasiat untuk menambah nafsu makan . Hal ini disebabkan kapsaisin cabe bersifat stomakik yaitu dapat meningkatkan nafsu makan. Orang yang sudah terbiasa makan cabe akan berkurang nafsu makannya jika tidak ada sambal atau cabe dalam makanannya.

Kawan, selain menambah nafsu makan ternyata senyawa kapsaisin juga mampu merangsang produksi hormon endorfin sehingga bisa membangkitkan sensasi kenikmatan. Menurut para ahli hormon endorfin berperan dalam mengurangi rasa sakit. Hal ini terbukti dengan banyaknya orang yang mengalami gejala sakit kepala akan segera sembuh setelah mengkonsumsi sesuatu yang rasanya pedas. Sebab rasa pedas yang ditimbulkan oleh kapsaisin dapat menghalangi aktivitas otak ketika menerima sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf. Terhambatnya perjalanan sinyal ini akan mengurangi rasa sakit yang diderita seseorang.

Senyawa kapsaisin juga berkhasiat untuk mengencerkan lendir sehingga membantu melonggarkan penyumbatan pada tenggorokan dan hidung. Rasa pedas pada cabe dapat meringankan orang yang mengidap penyakit hidung dan tenggorokan seperti batuk, pilek bahkan sinusitis.

Cabe juga dapat mencegah penyakit stroke  dan jantung koroner karena kapsaisin bersifat anti koagulan yang bekerja untuk  menjaga darah tetap encer dan mencegah terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah.

Manfaat lainnya adalah dapat menghilangkan pegal linu karena rematik, antiradang juga untuk mengobati bengkak dan bisul.

Wah.... banyak banget ya kawan manfaat si pedas ini.
Cabe selain dibuat bumbu masak, sambal ataupun acar ternyata enak juga lho dibuat manisan, selai ataupun sirup dan rasanya enak lho.... manis-manis pedas gimana gitu.

Nah sobat, ini dia resep Manisan Cabe

MANISAN CABE
-------------------- 

Bahan   :
----------
- 1 kg cabe merah besar
- 1/2 kg gula pasir
- 1 sdm kapur sirih
- 1 sdt garam
- 500 ml air untuk perebusan
- 2 liter air untuk perendaman
- 1/2 sdt citrunzuur / air jeruk nipis


Cara Membuatnya
----------------------
- Cuci bersih cabe, buang tangkainya
- Belah cabe, buang bijinya beserta urat putihnya
- Larutkan 1 sdm kapur sirih kedalam 2 liter air, endapkan ambil yang bening
- Masukkan cabe ke dalam air kapur, rendam cabe ke dalamnya selama 6 jam
- Setelah itu cuci cabe sampai bersih dan tiriskan
- Rebus 500 ml air sampai mendidih kemudian masukan gula, aduk rata sampai gula larut, kemudian
  masukkan cabe dan masak sampai cabe layu, setelah itu matikan kompor dan biarkan cabe terendam
  semalaman.
- Ulangi perebusan esok harinya sampai air mendidih, diamkan kembali, ulangi selama 3 hari sampai cabe
   terasa manis dan berkurang pedasnya.
- Keringkan manisan cabe lewat sinar matahari atau oven, setelah kering taburi dengan gula.
- Manisan yang telah ditaburi gula segera disimpan dalam toples atau dikemas dalam plastik rapat.

Nah, mudah khan kawan, ayo segera dicoba..
Oh ya, air rebusannya bisa jadi sirup lho dan dapat untuk mengobati sakit kepala dan perut kembung.

Surabaya, 1 Nopember 2011

Ny.Hj.Alicce Hanafi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar